Selamat datang kembali Rekan – rekan sekarang saya akan
menjelaskan bagai mana cara Mail Merge
di Ms. Word 2013 dan Database nya di Ms.Excel.
Berikut langkah – langkahnya liahat dan pelajari yha Rekan
muda :
1.
Buka Ms. Word dan Ms. Excel nya
2.
Buat dulu Nomer ( No ) , Nama dan Tanggal Lahir
di Ms. Excel
3.
Lalu kita blok dari kolom B3-D9 seperti gambar di bawah ini dan ganti Namanya
kalau saya menggunakan nama BIODATA, kenapa di beri nama karna nanti Ms.Excel
akan di save datanya dan kalau ingin memasukannya ke Ms.Word maka Nama Biodata
adalah sebagai tanda bahwa itu adalah Filenya.
4.
Lalu kita Save Ms.Excelnya, usahakan di save
pada satu file dengan Ms.Office.
5.
Lalu kita Buka Ms.Officenya dan Ke Menu Mailings
>> Select Recipients >> Use an Existing List lalu cari Data
Ms.Excel yang tadi sudah di save lalu klik Open.
6.
Lalu Ke Menu Insert Field ldan masukan (No, Nama danTanggal Lahir)
7.
Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini, yang
di tandai warna merah adalah hasilnya dan yang di beri warna kuning untuk
memunculkan Nomor, Nama dan Tanggal Lahiryang sudah di buat dan di save pada
Ms.Excel dan yang deberi warna biru itu untuk menggeser/mengganti urutan nama
dan tanggal lahirnya.
8.
Dan Berikut adalah hasil yang sudah jadinya.
Sekian postingan dari saya maaf bila
ada salah – salah kata semoga bermanfaat buat rekan – rekan yang masih susah
atau yang masih kerepotan membuat surat undangan/text yang harus memasukan nama,
tanggal lahir, dll dengan cara memasukannya satu persatu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar